Apa itu Homeschooling (1)

Apa Itu Homeschooling? Jenis, Metode dan Kelebihannya

Homeschooling adalah kegiatan pendidikan dengan manfaat dan tujuan pendidikan yang berbeda, khususnya bagi anak-anak, karena dapat dilakukan dengan cara yang santai dan menyenangkan. Homeschooling bermanfaat bagi anak dan orang tua, karena memungkinkan anak belajar di dunia nyata, di lingkungan yang sangat terbuka.

Homeschooling merupakan tempat untuk menanamkan kecintaan belajar dengan membuat pembelajaran tersedia secara bebas bagi siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya!

Jenis Homeschooling

Homeschooling adalah kegiatan pendidikan di rumah dan dibagi menjadi tiga jenis, seperti di bawah ini:

1. Individu

Homeschooling individu adalah homeschooling di mana hanya satu keluarga yang berpartisipasi. Artinya, model pembelajaran dan kegiatan sekolah yang ada dilakukan sendiri-sendiri, tidak digabungkan dengan keluarga lain.

2. Gabungan

Homeschooling gabungan adalah jenis homeschooling di mana ada dua atau lebih keluarga berpartisipasi. Keluarga yang berpartisipasi biasanya memiliki anak dengan minat yang sama. Aktivitas utama yang sudah ada dapat dimodifikasi oleh setiap orang tua.

3. Community 

Community homeschooling adalah jenis homeschooling yang menggabungkan beberapa homeschooler untuk menyediakan kurikulum kelompok, rencana pelajaran, materi, kegiatan inti, dll. Pada waktu yang sama atau bersamaan.

Metode Homeschooling 

Berikut ini beberapa metode homeschooling yang sering diterapkan:

1. Montessori 

Metode pendidikan Montessori menerapkan sistem belajar tanpa takut salah, dimana anak belajar dengan kemampuannya sendiri untuk memahami setiap topik serta memaksimalkan potensinya.

Pendekatan metode ini menekankan keindahan dan kualitas serta menghindari kekacauan dan kebingungan. Menariknya, metode ini menggunakan alat bantu visual seperti mainan edukasi.

2. Eklektik

Metode ini merupakan salah satu yang paling populer dalam homeschooling. Metode ini menggunakan buku latihan matematika, membaca, dan mengeja serta mengambil pendekatan non-sekolah untuk mempelajari mata pelajaran lain. 

Tidak ada batasan waktu yang ditetapkan untuk setiap mata pelajaran, sebaliknya anak diharapkan mencapai tujuan belajar tertentu.

3. Charlotte Mason

Kelebihan Metode Charlotte Mason dalam homeschooling adalah anak-anak dipandang sebagai manusia terhormat, bukan sekadar bejana yang menunggu untuk diisi dengan pengetahuan. Metode ini harus memberi anak waktu untuk bermain, berkreasi, dan berpartisipasi dalam situasi kehidupan nyata, sehingga mereka dapat belajar darinya..

Anak-anak yang menggunakan metode ini diajak berjalan-jalan di alam, mengunjungi museum, dan belajar geografi, sejarah, dan sastra dari “buku hidup”, buku yang menghidupkan mata pelajaran tersebut. 

4. Waldorf

Metode ini didasarkan pada penelitian Rudolf Steiner dan menekankan pentingnya mendidik seluruh tubuh, pikiran, dan jiwa anak. Metode ini merupakan salah satu metode homeschooling yang paling populer.

Melalui metode ini, anak-anak dapat fokus pada seni dan kerajinan, musik, gerakan, dan alam. Anak-anak yang lebih besar dapat  mengembangkan kesadaran diri dan diajari cara berpikir sendiri.

5. Unschooling

Metode ini dikenal dengan metode belajar yang alami dan didasarkan pada minat anak. Melalui metode ini, anak belajar lebih banyak dari pengalaman hidupnya tanpa adanya jadwal seperti kurikulum di sekolah formal. 

Anak-anak belajar dengan minat atau rasa ingin tahu, sama seperti orang dewasa, seperti belajar matematika, sains, membaca, dan sejarah.

Kelebihan Homeschooling

Berikut ini beberapa kelebihan homeschooling dibandingkan sekolah formal:

  • Bisa mengatur jadwal belajar yang lebih fleksibel.
  • Anak bisa lebih bebas dalam mengembangkan bakat.
  • Kemampuan anak dalam mencerna pengetahuan lebih dalam.
  • Anak bisa mendapatkan waktu istirahat extra.
  • Pergaulan anak bisa diawasi lebih baik.

Sudah Tahu Apa Itu Homeschooling serta Kelebihannya?

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu homeschooling. Sejatinya homeschooling adalah metode belajar non-formal yang dilakukan di lingkungan rumah, namun memiliki kurikulum yang cukup baik untuk memaksimalkan potensinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *